Sejak pertengahan tahun 1955
Irama musik Latin sudah masuk dalam ramuan
aransemen musik lagu-lagu Indonesia.Salah satu Pelakunya adalah seorang yang bernama
Asbon Majid, pemimpin orkes Gumarang.
Dengan maksud memberi alternatif lain dari
seriosa, keroncong, dan
hiburan, Asbon memasuki unsur-unsur
musik Latin yang pada masa itu memang sedang populer di Indonesia.
Pada
paro kedua dasawarsa 1950-an orkes Gumarang dengan lagu-lagu
Minangnya yang berirama Latin merajai musik
pop Indonesia,
Malaya dan
Singapura dan pada awal 1960-an,yang kemudian diikuti oleh
orkes Kumbang Tjari pimpinan
Nuskan Syarif,
Teruna Ria oleh
Oslan Husein, dan
Zaenal Combo oleh
Zaenal Arifin.
Tiga orkes ini memasukkan
rock’n’roll pada
lagu-lagu Minang dan non-Minang, seperti
Kampung Nan Jauh Di Mato,Tirtonadi, dan
Bengawan Solo.
Orkes Gumarang
Gumarang didirikan Menjelang akhir tahun 1953 dan awal 1954,mereka terdiri dari beberapa anak muda asal
Sumatera Barat yang, antara lain,
bernama
Alidir, Anwar Anif, Dhira Suhud, Joeswar Khairudin, Taufik, Syaiful Nawas, dan
Awaludin yang di kemudian hari menjadi
Kepala Polri.
Bersama beberapa orang lainnya mereka berkumpul di rumah
Yus Bahri di
Jalan Jambu, Menteng, Jakarta Pusat.Mereka sepakat mendirikan sebuah grup musik untuk meneruskan kiprah
orkes Penghibur Hati yang mendendangkan
lagu-lagu Minang.
Mereka menamakan grupnya
orkes Gumarang. Nama itu diambil dari
cerita legendaris Minang, Cindue Mato,yang tokoh utamanya memiliki tiga binatang kesayangan.Tiga binatang itu adalah
Kinantan si ayam jantan yang piawai, Binuang si banteng yang gagah perkasa,dan Gumarang si kuda sembrani berbulu putih yang larinya bagaikan kilat sehingga menurut legenda tersebut bisa keliling dunia dalam sekejap.
Anwar Anif pun didaulat menjadi pemimpin.
Mula-mula yang dibicarakan adalah bagaimana konsep musik yang akan dibawakan untuk lagu-lagu Minang yang sudah dipopulerkan oleh Penghibur Hati melalui
Radio Republik Indonesia (RRI) Jakarta.
Lagu-lagu Penghibur Hati yang disiarkan radio itu, antara lain,
Kaparinyo, Dayung Palinggam, Nasib Sawahlunto, dan Sempaya.
Pengaruh lagu-lagu Latin (seperti
Melody d’Amour, Besame Mucho, Cachito, Maria Elena, dan Quizas, Quizas, Quizas)
yang sedang digemari tak mampu mereka tepis. Oleh sebab itulah musik Latin tersebut menjadi unsur baru dalam aransemen musik Gumarang.Pada masa itu tidaklah mudah bagi seorang penyanyi atau sebuah grup untuk tampil di RRI.Mereka harus lulus tes di depan sejumlah juri,sebagaimana layaknya peserta sebuah lomba.Walaupun Anwar Anif hanya memimpin selama sembilan bulan, ia berhasil membawa Gumarang lulus tes RRI.Alidir yang menggantikannya ternyata bertahan lebih singkat lagi dan kemudian menyerahkan pimpinan Gumarang kepada Asbon bulan Mei 1955.
Album Gumarang - Kampuang Nan Jauah di Mato
Asbon tidak hanya mempertegas dominasi musik Latin dalam lagu-lagu yang sudah biasa dibawakan Gumarang,tetapi juga pada lagu-lagu baru ciptaannya maupun ciptaan personel Gumarang lainnya.
Pada masa Asbon inilah bergabung
pianis yang memiliki sentuhan Latin,
Januar Arifin,
serta penyanyi
Hasmanan (kemudian menjadi
sutradara),
Nurseha, dan
Anas Yusuf.
Kebesaran Gumarang tidak bisa disangkal berkat seringnya grup ini tampil di RRI dan memeriahkan acara
Panggung Gembira.
Sukses Gumarang merebut hati masyarakat menyebabkan penampilan orkes itu berlanjut di tempat-tempat lainnya, seperti
Istana Negara, Gedung Kesenian, dan
Istora Senayan. Pada masa kepemimpinan
Alidir, Gumarang sempat merekam sejumlah lagu
di bawah naungan
perusahaan negara,
Lokananta, di
Solo. Rekaman dilakukan di Studio RRI Jakarta dan hasilnya dibawa ke Lokananta untuk dicetak dalam bentuk
piringan hitam (PH). Dalam rekamannya yang pertama ini Gumarang bermain dengan
gendang, bongo, maracas, piano, gitar, dan
bas betot. Mereka tetap mempertahankan
rentak gamat dan
joget sambil memadukannya dengan
beguine, rumba, dan
cha-cha. Bunyi alat
musik Minang, seperti
talempong, memang memberikan asosiasi pada
irama Latin, demikian juga
saluang. Itulah sebabnya irama Latin mudah dipadukan dengan
lagu-lagu Minang.
Suyoso Karsono yang memimpin perusahaan rekaman Irama di Jakarta ternyata diam-diam tertarik pada Gumarang.Sebagai seorang
pengusaha, orang yang dikenal dengan nama
Mas Yos itu tahu bahwa irama yang dibawakan Gumarang bukan saja mampu menyajikan lagu-lagu Minang sesuai dengan aslinya, namun juga memiliki ramuan irama Latin yang amat disukai masyarakat.
“Sebenarnya irama Latin itu hanya dalam tempo,supaya lagu-lagu Minang bisa diterima juga oleh masyarakat di luar Minang,” kata Asbon ketika menerima tawaran Irama untuk merekam sejumlah lagu.
Gumarang merekam Ayam Den Lapeh ciptaan A Hamid, Jiko Bapisoh dan Laruik Sanjo ciptaan Asbon,Yobaitu ciptaan Syaiful Nawas, Takana Adiak ciptaan Januar Arifin, Baju Karuang, Ko Upiek Lah Gadang, Titian Nan Lapuak,Nasib Sawahlunto, dan lagu lain-lain yang jelas sekali dipadukan dengan irama cha-cha yang dikenal sebagaipengiring tarian di Amerika Selatan. “Cha-cha memang sedang menjadi favorit masyarakat waktu itu,sebagaimana kami senang naik becak dari tempat indekos menuju Studio Irama. Kalau selesai rekaman, Nurseha diantar Asbon dengan becak ke rumahnya di Grogol. Soalnya, rekaman yang dimulai pukul delapan malam biasanya selesai pukul dua dini hari,”ujar salah seorang penyanyi Gumarang, Syaiful Nawas, yang sempat menjadi wartawan harian Waspada,Pedoman, Purnama, Trio, Aneka, Sinar Harapan, Abadi, Suara Pembaruan, dan majalah Selecta.“Sayalah yang bertugas menulis semua kejadian karena ikut di dalam proses rekaman.Mas Yos memberikan bahan-bahannya dan saya tulis di berbagai surat kabar serta majalah Selecta dan Varia.Bahkan, harian Pedoman menulis Gumarang dalam tajuk rencananya. Sementara Asbon langsung memberikan PH yang baru dari pabrik ke RRI,” ungkap Syaiful Nawas, kakek dari lima cucu yang sekarang setiap hari berkantor dirumah makan miliknya, Padang Raya.
Hasilnya, Laruik Sanjo dan Ayam Den Lapeh berkumandang tidak hanya di RRI,
namun juga di toko-toko yang khusus menjual PH di Jakarta dan luar kota.
Pemutaran lagu-lagu Gumarang itu adalah atas permintaan masyarakat yang mendatangi toko-toko itu dan membeli PH mereka.
Laruik Sanjo yang berarti
larut senja dan
Ayam Den Lapeh sebagai analogi kehilangan kekasih,menjadi lagu-lagu populer secara nasional.
Sedemikian populernya kedua lagu itu,
Laruik Sanjo dilayar putihkan oleh Perfini tahun 1960 dengan
sutradara kondang Usmar Ismail serta aktor
Bambang Irawan dan aktris
Farida Oetojo sebagai
pemeran utama.Sementara
Stupa Film memproduksi
Ayam Den Lapeh pada tahun yang sama dengan sutradara
H Asby dan
Gondosubroto,sementara
Asbon dan
Gumarang dipercaya mengisi
ilustrasi musik film ini.
Ceritanya diambil dari lirik lagunya.
Si kucapang si kucapai
saikua tapang saikua lapeh
Tabanglah juo nan ka rimbo
Oi lah malang juo.
Artinya( yang dikejar luput, yang dimiliki terlepas).
Baca Juga Karya Gumarang >>>